Rabu, 25 April 2012

molekul terbesar yang pernah ada di temukan oleh NASA

NASA's Spitzer Space Telescope telah menemukan "bulky balls" di luar angkasa, molekul terbesar yang pernah dilihat di ruang antar bintang. "Bulky balls" terlihat seperti kubah-kubah geodesik yang terkait dengan arsitek Buckminster Fuller (bola magnet kecil yang orang biasanya disimpan sekitar sebagai hiasan meja juga merupakan hal menakjubkan untuk membentuk ini).


Molekul 60-karbon-atom pertama kali dibuat di laboratorium seperempat abad yang lalu dan telah lama diperkirakan ada di ruang angkasa, tetapi selama bertahun-tahun mereka menghindari peneliti.

atom karbon di "bulky balls" disusun dalam struktur bola tiga dimensi yang memberi mereka penampilan seperti bola sepak, dengan obligasi atom, menciptakan pola bolak segi enam dan pentagons. Struktur ini lebih dari sekedar elegan, kekuatan yang unik dan sifat itu telah membuat banyak dicari, molekul untuk berbagai aplikasi termasuk armor dan superkonduktor.

Mereka terdeteksi di planetary nebula disebut Tc 1, di mana bintang tua memiliki kemungkinan meneteskan lapisan bahan karbon kaya ke dalam awan. Cahaya melewati awan itu memberikan tanda tangan dari spektral yang unik dari "bulky balls", untuk melihatnya harus pada suhu yang tepat untuk . Sudah cukup mengesankan bahwa Spitzer bisa mengintip keluar ke alam semesta dan menganalisis isinya ke molekul. Melihat tempat yang tepat pada waktu yang tepat, itu hanya nasib baik kosmik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar